Berbagi Pengalaman Tentang Cacing Sutra/Cacing Rambut/Tubifex.

Kelebihan cacing sutra
Cacing sutra atau cacing rambut atau tubifek memiliki kandungan protein dan lemak yang tinggi. Dari buku dan artikel yang saya baca, kandungan protein cacing sutra berkisar antara 40% – 60%. Sedangkan kandungan lemaknya berkisar antara 13% – 21%.
Protein sangat dibutuhkan oleh ikan dalam membentuk dan memperbaiki jaringan dalam tubuh ikan. Protein tinggi dalam makanan juga dapat membantu ikan untuk memproduksi telur atau sperma dengan kwalitas baik dengan jumlah yang relatif banyak. Lemak juga dibutuhkan oleh ikan sebagai sumber energi untuk bergerak.
Cacing sutra juga sangat membantu dalam proses penjinakan ikan karena hampir semua jenis ikan, baik karnivora maupun herbivora menyukai cacing sutra. Ini bisa membantu dalam tahap pengenalan pakan buatan kepada ikan.

Kekurangan cacing sutra
Hingga saat ini, hampir semua cacing sutra yang ada dipasaran didapat dari alam. Jadi tidak menutup kemungkinan cacing sutra yang kita beli membawa penyakit atau parasit. Untuk mencegah tertular penyakit dari cacing, cuci sampai bersih cacing dan rendam dalam air bersih sebelum diberikan pada ikan.
Cacing sutra juga tidak dapat bertahan hidup lama apabila kita tidak memberikan perlakuan khusus. Dan apabila cacing sutra mati, akan menimbulkan aroma yang sangat tidak sedap. Jika cacing sutra mati dalam aquarium atau kolam ikan, bisa mengakibatkan meningkat jumlah amoniak secara drastis. Peningkatan amoniak ini bisa menjadi racun bagi ikan dalam aquarium atau kolam. Perlakuan khusus yang ane maksud bisa berupa pemberian aerator atau bahkan wadah penyimpanan dialiri dengan air. Yang paling bagus adalah dengan mengairi wadah terus menerus. Selain bertahan hidup lebih lama, apabila air yang mengairi cacing itu terdapat bahan makanan yang memadai, tidak menutup kemungkinan cacing malah dapat berkembang biak walaupun dalam jumlah yang sedikit.

Leave a comment